#htmlcaption1 Go UP! Pure Javascript. No jQuery. No flash. #htmlcaption2 Stay Connected
Senin, 27 Mei 2013


Pada bulan Maret 2012 lalu, ada kolaborasi unik di langit antara bulan, Venus dan Jupiter. Kini, kolaborasi tersebut akan dimulai lagi dengan 'lakon' sedikit berbeda.

Sebuah kolaborasi 3 planet di angkasa yang kemungkinan dapat dilihat dari bumi apabila langit tidak tertutup awan diperkirakan akan dimulai sekitar tanggal 24 Mei waktu Amerika Serikat atau 25 Mei waktu Indonesia dan sekitarnya dan rentetannya akan berakhir sampai tanggal 31 Mei mendatang.

Dikutip dari Cnet (23/05), kolaborasi tiga planet ini muncul setiap 2 tahun sekali. Jadi apabila masih diberikan umur panjang, 'pemirsa' dansa 3 planet atau juga disebut Dance of the Planets ini baru dapat melihatnya kembali sekitar tahun 2015 mendatang.

Menurut penjelasan para ahli, karena konjungsi dari ketiganya sangat terang, maka tanpa harus menggunakan teleskop atau perangkat untuk melihat bintang sejenisnya, manusia di bumi dapat melihatnya dengan mata secara langsung. Dengan catatan, langit harus tanpa awan atau mendung.

Jarak Venus, Merkurius dan Jupiter ini akan semakin dekat satu dengan lainnya terjadi sekitar tanggal 28 atau 29 mei nanti. Pada tanggal 31 Mei, ketiga planet tersebut akan mengakhiri 'dansa' mereka dan berpisah.

Menurut perkiraan, waktu yang tepat untuk melihat ketiga planet yang terlihat seperti berdekatan tersebut adalah sekitar 45 menit setelah matahari terbenam ke arah belahan bumi sebelah utara.

Walaupun memiliki durasi 2 tahun sekali, namun seperti yang dituliskan di Earth Sky (20/05), Dance of the Planets tahun ini tergolong langka karena jarak ketiganya benar-benar terlihat sangat dekat antara satu dengan lainnya dan akan kembali terjadi pada tahun 2021 mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

»»»»»»»»»»» Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik »»»»»»»»»»»