#htmlcaption1 Go UP! Pure Javascript. No jQuery. No flash. #htmlcaption2 Stay Connected
Senin, 27 Mei 2013


Setelah beberapa bulan yang lalu, langit diwarnai dengan kemunculan Venus dan Jupiter, pada tanggal 13 Maret kemarin, kedua planet ini juga saling berdekatan. Dalam bulan Maret ini, dua planet tersebut semakin nampak 'intim' dengan sama-sama menampilkan warna kebesaran mereka. Nampaknya, pada tanggal 25 dan 26 Maret mendatang merupakan 'konser kolaborasi' antara Venus, Jupiter, dan bulan.

Ketiga benda langit ini sering menampakkan eksistensinya di langit sebelah barat hampir bersamaan dengan waktu sunset atau tenggelamnya matahari. Menurut perhitungan para angkasawan, jarak bulan dengan bumi sekitar 248.000 mil atau 400.000 kilometer, sedangkan Venus memiliki jarak 67 juta mil atau 533 juta kilometer dari bumi, dan Jupiter berjarak 108 juta mil atau 861 juta. 

Pada tanggal 25 dan 26 Maret, bulan akan memperlihatkan sisi sabitnya (crescent), dan tiga derajat sebelah kanan bulan akan nampak planet Jupiter, sedangkan Venus akan berada sedikit di bawah 10 derajat di antara keduanya. Pemandangan 'trio artis' langit bulan Maret ini akan dimulai sekitar pukul sembilan malam. Setelah tanggal 24 April, Jupiter akan mengakhiri 'pertunjukannya' di langit. Pada tanggal tersebut, Jupiter akan muncul selama 90 menit dan warnanya akan terlihat semakin memudar dibanding warna Venus dan bulan. Jupiter akan muncul lagi pada akhir bulan Juni 2012.

Pada tanggal yang sama, Venus akan lebih mendominasi dalam hal warna. Venus akan terlihat lebih terang benderang apalagi empat jam setelah sunset. Seperti yang ditulis oleh MSN.com, selain mendominasi warna Jupiter, warna Venus juga akan mendominasi bahkan cenderung menyerupai warna bulan yaitu putih keperakan. Donna Summer - seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu gospel (lagu pujian gereja) dari Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, menyebut berakhirnya kolaborasi tiga benda langit ini dengan nama "The Last Dance".


Sember : Merdeka
Editor : Deni

0 komentar:

Posting Komentar

»»»»»»»»»»» Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik »»»»»»»»»»»